Genap 19 Tahun, Pergerakan Kebangsaan Songsong Zaman Baru

Sejak pertemuan Sedayu tahun 1998, Pergerakan Kebangsaan telah bersikap kritis dengan arus gelombang reformasi yang mendera Indonesia pasca Orde Baru. Kesimpulan diskusi kami mengatakan; “Bahwa Pemilihan Umum Tahun 1999 justru akan memperpanjang masa transisi – karena reformasi tidak disertai dengan perubahan yang mendasar pada aras ekonomi dan politik Indonesia”.

Di tengah khalayak ramai mengapresiasi dan menaruh harapan besar pada gelombang reformasi, kami melihat bahwa yang sejatinya terjadi hanya reformasi kosmetik, yakni dari kekuatan ekonomi-politik yang mulanya terkonsentrasi pada satu kekuatan, menjadi terpecah dan terfragmentasi ke tangan beberapa kekuatan yang berpengaruh. Sehingga dapat dipastikan aspirasi rakyat akan tersumbat dan diblokade oleh kepentingan apa yang kami sebut dengan istilah “oligarkhi”.

Dari sinilah kami membentuk “Sanggar Kebangsaan” sebagai  tempat merefleksikan kondisi dan persoalan bangsa ini. Hingga seiring berjalannya waktu kami menemukan sebuah tesis yang kami sebut dengan “Zaman Baru”. Sejak tahun 2005, Pergerakan Kebangsaan berkeyakinan bahwa bangsa Indonesia harus mempersiapkan diri untuk menyongsong Zaman Baru, sehingga bangsa Indonesia dapat mengambil peran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, terutama untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin.

Official Video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *