Memahami Zaman Baru

Zaman Baru adalah sebuah kondisi “hilangnya middle man” baik dalam artian ekonomi maupun sosial politik, sebagai akibat percepatan proses sentralisasi kapital, perluasan Renaisans Asia dan Revolusi Industri ke-4.

Sebuah kondisi perubahan basis material yang ditandai dengan revolusi teknologi (artificial intelligence and robotic) dan revolusi energi (baterai, energi surya, dan plastik)

Semua ini akan menciptakan efisiensi dan produktivitas dimana biaya transportasi dan komunikasi jauh lebih murah, serta membuat rantai logistik dan pasokan global menjadi lebih efektif, dan biaya perdagangan akan berkurang,

Yang kesemuanya akan membuka pasar baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Namun juga berdampak pada semakin kecilnya peran middle man.

Dari situasi ini akan lahir “fusi ajaib”, yaitu bertemunya antara kepentingan kapitalisme super-kaya dan kepentingan orang miskin.

Situasi ini juga akan melahirkan “paradoks globalisasi”, yakni situasi dimana di satu sisi terjadi demokratisasi alat produksi, namun di sisi lain terjadi sentralisasi kapital.

Tonton penjelasan lengkapnya di Official Video kami:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *