1160. Invasi Rusia dan Propagandanya
22-05-2023
Ketika Perang Dunia I berkecamuk di Eropa, Amerika Serikat nun jauh di sana tenang-tenang saja, terutama rakyat kebanyakannya. Kagak peduli. Tetapi pada titik tertentu, Woodrow Wilson, presiden AS saat itu memutuskan untuk terlibat perang, membantu sekutunya. Tetapi pada saat bersamaan ia menghadapi rakyatnya seakan apatis terhadap perang, padahal untuk terlibat perang ia butuh dukungan dari rakyat AS saat itu. Maka dibentuklah Committee on Public Information, sekitar April 1917 yang kemudian sering dikenal sebagai Komite Creel karena diketuai oleh George Creel. Singkatnya, dalam waktu sekitar 6 bulan Komite Creel berhasil mengubah rakyat AS yang apatis terhadap perang kemudian menjadi yang ‘keranjingan’ untuk terlibat perang (PD I) di Eropa sana. Ada yang mengatakan bahwa peristiwa ini juga merupakan cikal-bakal bagaimana ‘mesin-pengolah’ opini publik kemudian berkembang.
Bagaimana rakyat Rusia melihat invasi Putin ke Ukraina? Salah satu yang berperan dalam hal ini sebenarnya tak jauh-jauh amat dari apa yang diperbuat oleh Komite Creel, lebih se-abad lalu. Meski dari ‘luaran’ tampak enggak masuk akal, tetapi propaganda ke rakyat Rusia bahwa invasi ke Ukraina adalah untuk melawan Nazi-Ukraina nampaknya cukup berhasil. Sebagian rakyat Rusia merasa bahwa invasi ke Ukraina itu adalah ‘tugas suci’, melawan Nazi. Dan karena sudah menjadi ‘tugas suci’ maka segala bentuk kekerasan-pun akan mendapatkan pembenarannya. Keberhasilan propaganda seperti dicontohkan memang sangat dimungkinkan, paling tidak jika kita ingat bagaimana Amy Chua membuka bukunya Political Tribes (2019): “Human are tribal. We need to belong to groups. … But the tribal instinct is not just an instinct to belong. It is also an instinct to exclude.” Apakah pendapat Amy Chua ini seakan ‘mengkonfirmasi’ adanya kesadaran temaram, twilight state menurut Hermann Broch itu? Lepas dari ini, tulisan ini lebih menitik-beratkan dampak-kelam ketika ‘an instinct to exclude’ itu dieksploitasi habis-habisan.
CP Snow, seperti dikutip oleh Milgram, nampaknya benar ketika ia menandaskan bahwa sejarah kelam umat manusia itu bukan karena ‘pemberontakan-rebellion’, tetapi lebih karena obedience, ‘loyalitas-buta’, saat sesuatu sudah menjadi ‘tugas-suci’-nya. Inilah yang terjadi ketika bukan saja kekerasan yang sudah dianggap ‘sewajarnya’, tetapi adalah juga korupsi yang sudah gila-gilaan itu kemudian dianggap wajar-wajar saja ketika seakan sedang mengemban ‘tugas-suci’: melawan radikal-radikul itu. Inilah salah satu puncak ketika the crimes of passions itu mendapat tempat bergantung-sangat-nyamannya dalam the crimes of logic, kata Camus. Selamat ber-Pancasila, cuk. *** (22-05-2023)
1161. Ora Percoyo?! Étungen Dhéwé ...
23-05-2023
“Sedèyèk-sedèyèk .....,” Lurahé Mukidi mulai pidato.
“Wah ...... slonjor siiik,” Likwan langsung nylethuk.
“Bèn ora kemeng, Lik?” Totok takon mestèké.
“Wis nang mburi durung Lik...” Koh Bos nyambung. “Ngko nèk terus mules lho ....”
“Likwan wis komplit Bos. Aku yo wis nang mburi, bèn mulesé ora banget-banget nèk engko Lurahé mulai pidato ....” Kang Yos nimbrung.
“Sedèyèk-sedèyèk .... Mau mbengi, antarané jam 11 mbengi tekan jam 6 ésuk, ... anu sedèyèk-sedèyèk ....” Lurahé lanjut pidatoné, ning terus mandeg, ndelok kiwo-tengen. Ora koyo biasané, Lurah Mukidi terus ndemèk-ndemèk kuping kiwo, karo tangan tengen sibuk cethak-cethik bolpoin, pèncèt-pèncèt bolpoin.
“Kadingarén Lurahé nggowo bolpoin Lik, kemajuan ...” ujar Kang Yos nang Likwan.
“Kuwi dudu bolpoin Kang, kuwi mainan cethik-cethik, mbuh Lurahé tuku nang ndi kuwi. Larang kuwi Kang .....modèl anyar, jutaan regané ... Omongé Nyah Ndut lho iki ....” Totok sing njelaské.
“Lik, opo kupingé kiwo Lurahé kuwi kopoken?” Cak Babo takon nang Likwan.
“Sak ngertiku wingi ora ki Cak, baik-baik saja ... ” jawab Likwan. “Mbuh nèk mau ésuk jebul kelebon coro ...”
Cak Babo mbantah serius, ora percoyo: “Lha, coro mlebu nang kuping yo ora cukup to Lik, sesak to Lik!”
Sing jawab Totok, ugo serius jawabané: “Kuwi coro anak-anak, Cak.” Cak Babo meneng waé ora neruské takon opo mbantah, mung pringas-pringis waé. Mungkin mbayangké rasané nèk ono coro mini nang jero kuping. Hiiiii. Ora sadar Cak Babo terus kurek-kurek kuping tengen. Gatel-gatel piyé ngono, opo mungkin pas dikurek-kurek kuwi ngeri-ngeri sedap rasané. Hiiiii.
Lanjut crito ..., bar ndemèk-ndemèk kuping kiwo rodo sakwetoro, Lurahé Mukidi neruské ujar: ”Antarané jam 11 mbengi tekan jam 6 esok sedèyèk-sedèyèk, aku ngentut ping rolikur sedèyèk-sedèyèk, dua-puluh-dua-kali!” Plok-plok-plok ....
“Lik, kojur tenan iki, sing diomongké Lurahé kuwi opo?” Kang Yos takon Likwan karo garuk-garuk sirah. Sirahé dhéwé.
“Kétoké bab entut Kang .....” Totok manèh sing njawab.
“Percoyo mboten sedèyèk-sedèyèk ....!” Lurahé Mukidi dadi rodo njengat ndelok hadirin terus podho gemremeng kasak-kusuk dhéwé. Malah ono sing dho cekiki’an. Arep cekaka’an jelas ora wani, ndès. Nang pojok mburi cah-cah nom paling pol waniné dho cekèkè’an thok.
“Pak [.....] tulung étungané di jlèntrèhké, dibukak mak byak sisan .....” perintah Lurahé Mukidi nang Pak [ ..... ]. “Ada yang keberatan?!” Lurahé neruské nggo boso Indonesia ditambah karo rodo penthelang-pentheleng.
“Nggiiih ......” Jawab hadirin spontan. Plok ... plok ... plok.
Pak [ ..... ] terus maju nang podium, mbukak cathetan: “Bapak-ibu-sodara-sodara, juga adik-adik. Pak Lurah ngentut antarané jam 11 mbengi tekan jam 6 ésuk niku totalanipun kaping rolikur, dua-puluh-dua-kali. Jadi ..., jadi setiap jam ngentut 3 kali, maka itu artinya setiap 20 menit sekali. Jelas nggih bapak-ibu-sodara-sodara, juga adik-adik .......”
“Nggiiiiih ......” jawab hadirin.
Pak [ ....] lanjut: “Satu menit meniko 60 detik, dados menawi 20 menit niku sami kaliyan sewu-rongatus detik. Menawi ngentut meniko bapak-ibu-sodara-sodara lan ugo adik-adik, mbuh niku mak-dut menopo mak-prèt, paling-paling kan namung betah setunggal detik mawon to .... Menawi ngantos setunggal menit, niku nyanyi naminipun!”
“Nggiiiiih ......”
Kang Yos nakalé kumat: “Menawi sepuluh menit, niku naminé nopo Pak ?”
Dijawab kontan-spontan karo Pak [ ... ]: “Kuwi jenengé pidato Kang .... Nggih mboten bapak-ibu-sodara-sodara lan ugo adik-adik?!”
“Nggiiiiih .....”
“Jadi, nalar nggih, mung sak detik thok sak jeroné sewu-rongatus detik. Dados mboten gawé-gawé nggih, asli-otèntik niku nggih ..... Niku sami nèk bapak-ibu-sodara-sodara-adik-adik gadhah arto satus-rongpuluh-ewu, ujug-ujug waé mak klinthing rècèh satus rupiah tibo nang dalan, rak yo wis bèn waé to bapak-ibu-sodara-sodara-adik-adik .... Nggih mboten?!”
“Nggiiiiih.” Plok ...plok ...plok.
Ujug-ujug waé Cak Babo unjuk jari: “Pak [ .... ], étungan wau kan nembé kaping selikur, baru dua-puluh-satu-kali. Lha ingkang setunggal pripun?”
Pak [ ..... ] njawab kanthi tangkas-cerdas: “O sing kèri dhéwé ..... , sing pungkasan kuwi ngebom nang wésé, Cak. Jelas Cak?!” Plok .... plok ..... plok.
Ujug-ujug waé Lurahé Mukidi ngadeg, nyedhak mik sing nang podium, karo penthelang-pentheleng: “Ora percoyo?! Ora percoyo?! Étungen dhéwé!”
Lanjut Lurahé: “Pak [ ..... ] tulung jelaské manèh sing kuwi, étung-étungané mau kuwi. Alon-alon bèn podho dong ngono ..... Ada yang keberatan?! Sepisan manèh, a-d-a-yang-ke-be-rat-an?!!”
Angger pas omong ‘ada yang keberatan’ wis jan lagak-aksiné Lurahé Mukidi koyo-koyo-o anggota SWAT waé, penthelang-pentheleng kiwo-tengen-ngisor-dhuwur. Wètan-kulon, lor-kidul. Komplit-sego-endog-iwak-pitik, ndès. Wis jan njelèhi tenan kaé. Super njelèhi.
Pak [ ..... ] sesuai perintah Lurahé Mukidi terus maju nang podium manèh, pasang koco-moto baca terus mbukak cathetan: “Bapak-ibu-sodara-sodara-lan ugo adik-adik ......” *** (04-03-2019) [1]
[1] https://www.pergerakankebangsaan.com/229-Ora-Percoyo-Etungen-Dhewe/
1162. Yes, Cheated!
26-05-2023
"Children who need to be taught to respect traditional moral values are being taught that they have an inalienable right to be gay," she said. …."All of those children are being cheated of a sound start in life. Yes, cheated," demikian pandangan Thatcher di sekitar dekade 1980-an. Thatcher seorang konservatif tulen mungkin sedang gelisah, paling tidak jika mengingat pendapat David Reisman dkk dalam The Lonely Crowd (1950), dimana apa yang disebut tipe budaya berdasar tradition-directed dan inner-directed semakin digeser oleh other-directed, terutama melalui budaya konsumsi dan kemajuan teknologi komunikasi. Baru-baru ini saluran berita CNN menayangkan focus group discussion terkait kegelisahan ibu-ibu akan dampak buruk sosial-media bagi anak-anak. Tema yang sebenarnya juga ditekankan oleh Thatcher 40 tahun sebelumnya, soal bagaimana ‘orang-orang dewasa’ –bahkan bagi Thatcher juga dalam hal ini pemerintahan, memberikan lingkungan sehat –menurut kaum konservatif, bagi perkembangan anak-anak. Jangan sampai masa anak-anak itu ‘dicurangi’, misal melalui bermacam ’propaganda’ yang menyasar sampai dunia anak-anak. Kalau kita bayangkan yang dimaksud Thatcher, kira-kira tak jauh dari jangan pasang iklan rokok dekat sekolahan, misalnya.
Atau beberapa hari lalu, Ron DeSantis, Gubernur Florida mendeklarasikan diri untuk maju ke pemilihan presiden melalui Partai Republik, dan dalam deklarasi itu di depan podium tertulis: “protect children, support parents”. ‘Jargon’ itu nampaknya diambil dari undang-undang yang tahun lalu disahkan oleh DeSantis untuk berlaku di negara bagian Florida. Intinya sebenarnya tidak jauh-jauh amat dari yang disuarakan Thatcher lebih dari 40 tahun lalu seperti dikutip di awal tulisan. Dan dua-duanya adalah kaum konservatif tulen. Jika memakai pembedaan Reismann dkk seperti di atas, DeSantis sedang menandaskan pentingnya ‘tradition-directed’ terutama melalui keluarga. Bagaimana menurut anda? *** (26-05-2023)
1163. UMS-UMP-UMV
30-05-2023
UMS adalah ‘ultra-minimal state’, negara hanya ada saat ronda malam saja. Melindungi harta yang sudah dikumpulkan melalui pasar di siang harinya. Supaya tidak dicuri, dirampok, atau lainnya. UMP adalah ‘ultra-minimal party’, partai politik hanya ada saat negara memerlukan dukungan. Dukungan untuk tetap hanya ada sebagai ‘peronda-malam’ saja. UMV adalah ‘ultra-maximal volunteer’, relawan di ranah politik yang sudah diubah sedemikian rupa sehingga tetap saja hanya berfungsi sebagai penyangga negara yang ‘ultra-minimal’ itu. Sebenarnya masih ada UMM, ‘ultra-minimal military’, yang pegang senjata itu tetap setia menjalankan ‘tugas minimal’-nya, mendukung negara yang sedang ‘ronda malam’ seperti dalam UMS. Juga ‘ultra-minimal scientist’, bahkan ‘ultra-minimal priest’, ‘ultra-minimal press’ juga. Semuanya mendukung negara si-‘peronda malam’ itu: mengamanken harta yang sudah diperoleh di pasar. Tetapi pasar yang bagaimana? Tidak peduli! Entah itu pasar kapitalis, pasar kapitalis-koncoisme, pasar para pemburu rente, pasar para rampok, pat-gu-li-pat pasar keuangan, dan seterusnya, intinya ada gelembungan harta yang mesti dijaga. Intinya bahan bakar utama kapitalisme itu tetap terjaga, tidak peduli apakah itu merusak ‘lingkungan’ atau tidak, dan bahan bakar utama itu adalah: daya beli. Dari mana datangnya daya beli itu? Sekali lagi: tidak peduli, intinya soal daya beli adalah soal bagaimana kekayaan itu di-akumukasi, sehingga mempunyai kemampuan untuk membeli. Caranya? Sekali lagi: tidak peduli. Tidak peduli dari mana datangnya daya beli, yang penting Harley Davidson bisa laku. Atau tas-tas mewah bisa laku. Demikian juga sebaliknya, tak peduli barang selundupan atau bajakan, KW, yang penting masih bisa dibeli, terjangkau bagi kantong cekak.
Apakah ke-tidak-peduli-an di atas itu tiba-tiba saja datang dari antah-berantah? Nampaknya tidak. Menjadi ‘tidak-peduli’ karena yakin sudah ada yang ‘ngatur’: tangan-tangan tak terlihat, invisible hands. Kepentingan-kepentingan diri-lah yang akan mengatur itu semua. Maka demi maksimalnya kepentingan diri, kebebasan kemudian menjadi pilar utamanya. Dan didorong oleh kemajuan komunikasi, kepentingan-kepentingan diri itu semakin sedikit membutuhkan ‘orang-orang antara’. Produsen semakin mampu langsung berhubungan dengan konsumen. Bahkan jika itu ‘taylormade’ sekalipun. Jika benar apa yang dimaksudkan Cardoso adanya ‘pakta dominasi primer’, dan ‘sekunder’ dimana ‘pakta dominasi primer’ adalah kapitalisme maka apa yang bisa dibayangkan dinamikanya di ‘pakta dominasi sekunder’-nya? Bagaimana dinamika di ‘basis’ itu akan mempengaruhi ‘bangunan atas’-nya?
Dalam merebaknya modus komunikasi mass-to-mass (via jaringan internet) seperti sekarang ini, benarkah fungsi ‘gatekeepers’ menjadi terpinggirkan oleh ‘intersubyektifitas’? Atau jika kita ingat kritik terhadap Wikipedia di tahap awal-awalnya, ada kegundahan, akankah kaum amatir menjadi dominan? Apakah ini juga menjadi bagian dari ‘power-shift’ seperti digambarkan oleh Alvin Toffler? Atau kita bisa bayangkan bahwa sebenarnya modus komunikasi mass-to-mass ini adalah perluasan-habis-habis-an dari modus man-to-man, modus komunikasi tatap-muka? Tetapi seluas apapun glenikan di modus tatap-muka, tetap saja kaum Sofis mendapat ruang untuk berperan, dulu 2000 tahun lalu. Atau merebaknya modus mass-to-mass, tetap saja skandal Cambridge Analytica itu muncul, sekitar 6-7 tahun lalu. Atau juga binatang-binatang pollsterRp itu.
Ada yang mengatakan bahwa yang membedakan manusia dengan binatang salah satunya adalah manusia mampu mengambil jarak terhadap realitas sekitarnya. Ia tidak tenggelam larut dengan sekitarnya. Dengan tidak larut dengan sekitar, manusia mempunyai kesempatan lebih untuk ‘merenung’ sekitar, bahkan kemudian mampu mengotak-atiknya. Dan karena adanya ‘jarak’ itulah juga dimungkinkan berkembangnya bermacam ‘profesi’, atau bahkan juga ‘gate-keepers’. Bahkan juga apa yang disebut Toynbee sebagai minoritas kreatif itu. Maka bisa dikatakan juga, ‘jarak’ itu menjadikan kemajuan dimungkinkan. Horison semakin lama semakin ‘dimajukan’. Dari sini saja kita sudah mulai bisa meraba, ke-tidak-peduli-an karena adanya keyakinan akan tangan-tangan tak terlihat yang sudah ‘mengatur’ itu pada dasarnya kita sedang diajak untuk ‘tidak mengambil jarak’ terhadap dunia sekitar yang (diasumsikan) dibangun oleh kepentingan-kepentingan diri itu. Dan sedikit demi sedikit kitapun akan mulai merasakan pula bahwa kemajuan itu menjadi tersendat-sendat. Karena ke-tidak-peduli-an itu. Yang semestinya soal ‘peduli’ itu akan sungguh ‘terbebankan’ terutama pada si-‘gate-keepers’. Itulah sebenarnya pesan utama dari dihapuskannya spoils system di Amerika sono, di bagian akhir abad-19. Klaster-klaster dimana para gate-keepers ini berperan penting kemudian disepakati untuk ‘diselamatkan’ dari terkaman perebutan kuasa yang memang bisa-bisa menjadi tidak terkendali. *** (30-05-2023)
1164. Memperingati Hari Matinya Pancasila
31-05-2023
Apa yang masih bisa diharapkan dari 1 Juni? Yang pasti hari libur. Mau upacara? Silahkan. Mau potong tumpeng? Silahkan juga. Atau mau tudang-tuding sana radikal, situ radikul? Tidak ada tema lain selain radikal-radikul, cuk? Tetapi …, sekali lagi: apa yang masih bisa diharapkan dari 1 Juni? Apa, cuk?! Mobil Esemka? Ekspor pasir? Tidak cawé-cawé pilpres 2024? Atau …, cawé-cawé pilpres 2024? …. Ha … ha … ha … *** (31-05-2023)